pemkab nagekeo

ATRAKSI WISATA

Berburu merupakan ritual budaya tahunan bagi sekelompok masyarakat Nagekeo di beberapa kecamatan. Hampir semua wilayah di Kabupaten Nagekeo mengenal budaya yang disebut berburu. Biasanya budaya berburu dilakukan pada saat menjelang persiapan lahan baru menuju musim tanam berikutnya. Hewan yang sering menjadi obyek buruan adalah rusa dan babi hutan.

Tinju adat merupakan atraksi budaya uji ketangkasan bertinju bagi kaum pria di tengah kampung adat. Atraksi ini adalah hal yang terakhir dilakukan setelah semua rangkaian ritual syukur atas hasil panen yang didapatkan. Keunikan dari atraksi tinju ini adalah luka/cedera yang dialami petinju diobati hanya dengan ludah sirih pelaku ritual dan dipastikan sembuh dalam waktu tiga hari. Selain itu pengenaan busana dan symbol adat pada saat atraksi berlangsung menambah rasa kagum tepuk riunh para pengunjung/ penonton.

Souvenir khas dari Nagekeo yang bisa dibawa pergi yakni songket, tenun ikat dan selendang dengan motip lokal; serta anyaman dari lontar, pandan dan bambu (topi, tas, wadah sirih pinang)

Hits: 7

Shopping Basket
Translate ยป