Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo

Indikator Kinerja Utama

Indikator Kinerja Utama adalah ukuran keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis operasional. Setiap lembaga atau Instansi pemerintah wajib merumuskan Indikator Kinerja Utama sebagai suatu prioritas program dan kegiatan yang mengacu pada sasaran strategis dalam RPJMD dan RENSTRA Satuan Kerja Perangkat Daerah. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan dan Aparatur Negara No PER/9/M.PAN/5/2007, masing-masing Perangkat Daerah wajib menentukan Indikator Kinerja Utama (IKU).

Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo ditetapkan sebagai dasar penilaian terhadap tingkat kinerja suatu program kegiatan yang dijalankan. Pengukuran Kinerja ini dilakukan untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja agar dapat mencapai hasil yang ditargetkan.

Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo disusun untuk mengukur tingkat keberhasilan dari pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis Bidang Transmigrasi dan Tenaga Kerja sehingga dapat digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan akuntabilitas kinerja berikutnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

LKJIP

Laporan Akuntabilits Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja  Kabupaten Nagekeo Tahun Anggaran 2020

merupakan perwujudan pertanggungjawaban pelaksanaan program kegiatan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja kepada semua elemen masyarakat yang menjadi pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pembangunan di bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tahun 2020 yang disusun dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Daerah Kabupaten Nagekeo dan Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo  Tahun 2018-2023, sehingga kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan operasional dari rencana yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan pada urusan wajib bukan pelayanan dasar Tenaga Kerja dan urusan pilihan Transmigrasi yakni :

  1. Pada urusan Kesekretariatan melaksakan 2 program dengan 13 kegiatan dan input anggaran sebesar Rp.359.411.773,- dan realisasi sebesar Rp.355.243.171,- atau capaian keuangan sebesar 98,84% dan capain kinerja sebesar 97%
  2. Pada urusan wajib bukan pelayanan dasar Tenaga Kerja melaksanakan 3 program dengan 5 kegiatan dan input dana sebesar 866.244.700,- dan realisasi sebesar Rp.613.170.300,- atau capaian kinerja keuangan sebesar 70,78% sedangkan capaian kinerja sesuai Perjanjian Kinerja (PK) sebesar 100% dengan predikat capaian “Sangat Memuaskan”
  3. Pada urusan pilihan Transmigrasi melaksanakan 2 program dengan 3 kegiatan dan input dana sebesar 195.620.000,- dan realisasi sebesar Rp.186.663.400,- atau capaian kinerja keuangan sebesar 95,42% dan capaian kinerja sesuai Perjanjian Kinerja (PK) sebesar 67% dengan predikat “Baik”
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Rencana Strategis

Rencana Strategis (Renstra) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo Tahun 2018-2023 adalah Dokumen Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Perangkat Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas  yang berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nagekeo Tahun 2018–2023.

Rencana Strategis Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo Tahun 2018-2023 berfungsi sebagai pedoman, penentu arah, sasaran dan tujuan bagi aparatur pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan pembangunan dan pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat. Renstra ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kegiatan Bidang Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo dalam 5 tahun ke depan yang lebih terarah dan terukur.

Renstra Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo Tahun 2018-2023 akan menjadi pedoman untuk penyusunan Rancangan Rencana Kerja (RENJA) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo tahunan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri No 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJP dan RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Rencana Kerja

RENJA Tahunan merupakan penjabaran lebih lanjut dari Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Periode 2018-2023. RENJA juga menggambarkan tingkat pencapaian sasaran ataupun tujuan yang akan dicapai pada tahun 2020 yang dijabarkan lebih lanjut dalam berbagai macam kegiatan yang diukur melalui indikator-indikator kinerja kegiatan berupa masukan (input), keluaran (output) dan hasil (outcome) yang secara langsung atau tidak langsung dapat mengidentifikasi sejauh mana keberhasilan dari pelaksanaan kegiatan-kegiatan dan pencapaian sasaran yang ditetapkan dalam system penganggaran.

Rencana Kerja (RENJA) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja dimaksudkan sebagai acuan dan pedoman dalam pelaksanaan program dan kegiatan 1 (satu) tahun kedepan (2020). Sebagai dokumen tahunan, RENJA memuat program dan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk dijadikan sebagai alat evaluasi pelaksanaan kegiatan terhadap implementasi dari Rencana Strategis (RENSTRA) 5 (lima) tahun.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Rencana Aksi

Rencana Aksi Kinerja merupakan pedoman pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan pada satu tahun anggaran kerja. Dalam rencana aksi kinerja ini menyajikan program, kegiataan yang menjadi prioritas pembangunan daerah, serta memuat pembagian target per triwulan yang akan dicapai dari masing-masing sasaran strategis dan indikator kinerja Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Tahun 2020.

Rencana Aksi Kinerja Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Tahun 2020, diharapakan mampu diterapkan dalam pelaksanaan pembangunan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, partsipatif dan koordinatif sesuai dengan tujuan serta sasaran indikator yang telah ditetapkan dalam program-program yang akan dicapai serta mampu memberikan arah kebijakan bagi pelaksanaan, pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Nagekeo.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Rencana Kinerja Tahunan

Rencana Kinerja Tahunan (RKT) merupakan salah satu dokumen untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah sebagai salah satu persyaratan agar mewujutkan pemerintahan yang baik. RKT adalah dokumen kinerja Perangkat Daerah untuk periode 1 (satu) tahun yang memuat sasaran strategis, indikator kinerja dan target kinerja.

Rencana Kinerja Tahunan (RKT) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo Tahun 2020 sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja. Melalui RKT ini diharapkan arah pencapaian Rencana Strategis (Renstra) dan perencanaan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja menjadi optimal dan terukur.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja, komitmen yang harus dibangun Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja yakni melaksanakan program dan kegiatan yang direncanakan tepat pada waktunya berdasarkan jadwal yang ditetapkan dengan menggerakan seluruh sumber daya yang melalui 4 (empat) bidang yakni (1) Bidang Perencanaan dan Pembangunan Kawasan Transmigrasi, (2) Bidang Pembangunan Transmigrasi, (3) Bidang Pelatihan Kerja, Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja dan (4) Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Perjanjian Kinerja

Perjanjian Kinerja merupakan lembar/dokumen yang berisikan penugasan dari Bupati/Walikota sebagai pemberi amanah kepada Pimpinan Perangkat Daerah sebagai penerima amanah untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja.

Melalui perjanjian ini maka terwujudlah komitmen dan kesepakatan antara Bupati/Walikota sebagai pemberi amanah dan Pimpinan Perangkat Daerah sebagai penerima amanah atas kinerja sehingga dapat terukur berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya yang tersedia.

Perjanjian Kinerja (PK) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo Tahun 2020 memuat 2 (dua) sasaran strategis dengan 7 (tujuh) indikator kinerja utama untuk melaksanakan 2 (dua) urusan yakni urusan pilihan Transmigrasi dan urusan wajib bukan pelayanan dasar Tenaga Kerja.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Hits: 70

Translate »