Peringati Hardiknas, MKKS Gelar Aneka Lomba Tingkat SMA

Mbay, nagekeokab.go.id— Musyawarah Kerja Sekolah (MKKS) SMA Tingkat Kabupaten Nagekeo menggelar aneka lomba dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 pada tanggal 2 Mei mendatang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintah Setda Nagekeo Elias Tae mewakili Penjabat Bupati Nagekeo Raymundus Nggajo di Lapangan  Sepak Bola Marilewa Kecamatan Wolowae, Senin, 22 April 2024.

Dalam sambutan yang dibacakan Elias Tae, Penjabat Bupati mengungkapkan, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) berawal dari seorang guru bangsa yang senantiasa memberikan sumbangsih sangat besar bagi dunia pendidikan Indonesia adalah Ki Hajar Dewantara yang merupakan seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprakarsai berdirinya lembaga Taman Siswa sebuah lembaga pendidikan pertama yang ada di Indonesia. “Beliau selalu menjadi motivasi, inspirasi dan tauladan khususnya bagi para guru dan para pelajar umumnya bagi dunia pendidikan” ungkap Raymundus.

Dikatakannya, seiring berjalannya waktu dunia pendidikan pun semakin berkembang dan semakin maju dimana ilmu pengetahuan teknologi dan informasi tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan sekarang ini. Dengan demikian, para kepala sekolah dan guru diharapkan bisa membuka akses belajar dan menjamin terpenuhinya kebutuhan belajar peserta didik. Inilah yang namanya merdeka belajar dan merdeka mengajar.

Menurutnya ada perubahan paradigma pendidikan saat ini, disamping perubahan tuntutan zaman, sekolah harus bisa melahirkan generasi yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi dirinya dan bagi orang lain. Oleh sebab itu, menjelang puncak Hardiknas yang jatuh pada tanggal 02 Mei 2024 yang akan datang ada beberapa cabang olahraga yang mulai dilombakan hari ini.

Para siswa-siswi diminta untuk berkompetisi secara sehat, junjung tinggi sportivitas, jangan sampai menghalalkan segala cara untuk dapat meraih kemenangan. Jadikan momentum ini sebagai ajang membentuk karakter dan masa depan. Jangan melihat kalah dan menang rugi atau untung. “Jangan sampai emosi atau bahkan patah arang, tapi jalani ini semua dengan sungguh-sungguh” pesan Raymundus Nggajo.

Pj Bupati juga berharap para wasit untuk tidak bersikap subjektif, akan tetapi menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas. Melalui ajang ini, kiranya menjadi jalan prestasi untuk melaju ke tingkat provinsi bahkan nasional. “Saya mengajak seluruh pejabat yang berwenang dalam urusan bidang pendidikan, tidak boleh berhenti pada aspek formalitas belaka, namun harus terus berkembang dari waktu ke waktu dan melibatkan partisipasi aktif Dari semua pemangku kepentingan”.

Ketua MKKS Tingkat SMA Kabupaten Nagekeo Ambrosius Buku, S.Pd mengatakan event ini adalah yang ke-empat kalinya diselenggarakan oleh MKKS SMA Kabupaten Nagekeo.

Sejauh pengamatannya momentum kegiatan perlombaan serta pertandingan menyongsong Hardiknas sebelumnya memberikan dampak positif bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan kognitif, affective maupun psikomotor, serta meningkatkan personal atributes yang kuat dari para pesertanya.

Menurutnya kegiatan ini sejalan dengan tuntutan abad 21 yang menekankan peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, creative thinking, collaboration dan communication.  “Kemampuan kompetensi inilah menjadi muara dari pembelajaran sesungguhnya di era ini dan menjadi acuan bagi MKKS SMA untuk terus menyelenggarakan even menyongsong Hardiknas ini, ” ujarnya.

Sebagai contoh di sekolahnya, untuk capaian akademik, beberapa alumni/purna peserta perlombaan Hardiknas telah menunjukan capaian prestasi yang baik serta memiliki karakter positif yang kuat sehingga mampu bersaing, lulus di beberapa Perguruan Tinggi Negeri terbaik dan sekolah kedinasan. Beberapa lainnya lulus Polri maupun TNI dan ada yang  mampu berwirausaha secara mandiri. “Pada aspek non akademik (psikomotor) purna peserta pertandingan Hardiknas kita telah mampu berprestasi di bidang olahraga pada tingkat provinsi maupun nasional sehingga dapat meraih medali emas maupun perak pada event porda dan event lainnya. Demikian siswa-siswi dari SMA lainnya, saya sangat yakin, alumni/purna peserta hardiknas tahun sebelumnya telah menoreh prestasi gemilang dan tentunya membanggakan kita bersama,” ujarnya.

Lanjut dikatakan contoh konkrit positif impact dengan dilaksanakannya perlombaan dan pertandingan dalam rangka memperingati HARDIKNAS, menjadi salah satu acuan atau pijakan bagi MKKS SMA Kabupaten Nagekeo untuk terus menyelenggarakan event ini di tahun-tahun kedepannya, sehingga dari even ini diharapkan lahir putra-putri yang mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Wolowae  yang juga ketua panitia Bonefasius Kopong Teka melaporkan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal potensi diri siswa, menumbuhkan motivasi dan semangat siswa dari setiap perlombaan, mengembangkan interaksi positif antar siswa dengan warga sekolah lainnya, memotivasi masyarakat dalam mendukung dan memajukan dunia pendidikan serta menumbuhkan perilaku positif siswa.

Kegiatan ini diselenggarakan selama sepekan kedepan sejak tanggal 21 sampai dengan tanggal 27 April 2024 yang diikuti oleh 15 Sekolah Menengah Atas se Kabupaten Nagekeo diantaranya SMAN 1 Mauponggo,  SMAK Setiawan Nangaroro,  SMAN 1 Keo Tengah, SMAN 2 Keo  Tengah, SMAK St.Clemens Boawae, SMAK  Fransiskus Xaverius Boawae,  SMAN 1 Boawae, SMAN 2 Boawae, SMAN 1 Aesesa, SMAN 2 Aesesa, SMAN 3  Aesesa, SMAK Baleriwu Danga, SMAK St. Theresia Danga, SMAK Stela Maris Maropokot dan SMAN 1 Wolowae. “Peserta kegiatan adalah semua SMA se-Kabupaten Nagekeo yang berjumlah 15 sekolah dengan melibatkan peserta didik setiap sekolah sehingga totalnya ada 2.015 orang” paparnya.

Ada 12 jenis  lomba yang akan diperebutkan dalam event ini antara lain, debat bahasa Indonesia, debat bahasa Inggris, cipta dan baca puisi, karya tulis ilmiah, solo vokal, tari berpasangan, paduan suara,  sepak bola, bola voly, tenis meja, catur, badminton.

Di akhir laporannya ia berharap peran dan dukungan semua pihak dalam memperjuangkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, merdeka, kreatif dan inovatif.

Setelah upacara pembukaan dilanjutkan dengan pertandingan  sepak bola antara kesebelasan SMAN 3 Aesesa VS kesebelasan SMAN 1 Boawae dibuka dengan tendangan perdana oleh Staf Ahli Bupati Elias Tae.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut,  Anggota DPRD Kabupaten Nagekeo Herman Pasarani, Ketua MKKS SMA Kabupaten Nagekeo Ambrosius  Biku, M.Pd, Camat Wolowae berserta jajaran, TNI-Polri,  Pimpinan Bank NTT Cabang Mbay,  Para Kepala Desa, Para Pengawas dan Kepala Sekolah SMA, Para guru serta tamu undangan lainnya. (Ixta/Prokopim)

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

Copyright © 2023 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

Copyright © 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nagekeo. All Right Reserved.

error: Content is protected !!